BERITA

  • Karya-karya Hebat Siswa pada SLC dan LPS Term 1

    Karya-karya Hebat Siswa pada SLC dan LPS Term 1

    bintangcendekia.sch.id | PEKANBARU - Kegiatan Penyerahan Laporan Perkembangan Siswa (LPS) dan Student Led Conference (SLC), oleh seluruh level SDIT dan Leadership Bintang Cendekia dilaksanakan Jumat, (14/9) lalu. Tiap siswa pada masing-masing level memiliki karya tersendiri, dari proyek akhir yang mereka kerjakan.

    Masing-masing siswa di tiap kelas dibagi pada beberapa kelompok. Mereka mempresentasikan hasil proyek akhirnya. Wali murid pun turut mendampingi, sekaligus menyaksikan penjelasan mengenai proyek akhir yang telah berhasil mereka buat di term satu, TA 2018-2019 ini. Setiap siswa berpartisipasi untuk menjelaskan karya mereka, yang disesuaikan dengan tema masing-masing level.

    Pada term satu ini, tim level 1 mengusung tema "Aku dan kegemaranku". Proyek akhir mereka membuat frame tentang siswa dan kegemarannya. “Setiap anak membuat dan menghias frame dengan menampilkan foto dan menulis kegemarannya sendiri, dan menempelkannya dalam frame itu,” jelas Ibu Indriwati,  Koordinator Tim Wali Kelas Level 1.

    Bu Wati berharap, siswa-siswi level 1 memiliki skil dasar menulis dan mengungkapkan diri dan kegemarannya. 

    Sedangkan untuk Level 2, setiap siswa membuat proyek, dengan mendaur ulang bahan bekas menjadi tempat serbaguna. “Tema kita adalah La Tufsidu fil ardh. Jadi masing-masing siswa membuat karya dari kertas bekas, menjadi sebuah tempat serba guna. Hal ini diharapkan anak-anak mampu menjaga bumi, salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas,” ujar Ibu Dini Febriaqishti, salah satu wali kelas tim level 2. 

    Sementara itu, Seluruh siswa level 3 membuat miniatur makhluk hidup sebagai proyek akhir mereka. Makhluk hidup yang dipilih adalah dari jenis hewan di darat dan di air. “Anak anak mempresentasikan kehidupan hewan, karena tema kita pada term 1 adalah The miracle of the thinking, Keajaiban makhluk hidup. Jadi mereka mengetahui tempat hidupnya, kebutuhan makhluk hidup itu, ciri-ciri, dan jenis-jenisnya,” ujar Ibu Evi Dayanti, Koordinator Tim Wali Kelas Level 3.

    Para wali kelas level 3 berharap, dengan karya proyek akhir ini siswa-siswi diharapkan lebih melihat besarnya ciptaan Allah, dan dapat bersyukur dengan menyayangi, merawat makhluk hidup atau hewan yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. 

    Adapun siswa-siswi level 4 mereka ditugaskan membuat slide foto atau video tentang merawat makhluk hidup, hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggalnya seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan.  “Sesuai dengan tema yang kita buat pada term ini, Care of living Things, kita mengharapkan mereka mengetahui perawatan dan dapat merawat makhluk hidup tersebut,” jelas Ibu Siswanti Sudiana, Koordinator Tim Wali Kelas Level 4.

    Pada level 5, para siswa-siswi membuat kerangka sederhana organ gerak manusia, bersesuaian dengan tema yang mereka angkat pada term ini, Kesempurnaan Ciptaan Allah. “Proyek akhir kami adalah membuat semacam miniatur manusia, dan saat presentasi mereka menjelaskan tentang tulang, rangka dan otot manusia. Kami berharap anak-anak mengetahui tentang tulang, dan juga penyakit tulang,” kata  koordinator wali kelas level 5, Ibu Nurul Azizah. 

    Siswa-siswi di level 6 memiliki karya tersendiri pula, mereka membuat pigura cita-cita mereka di masa depan. Mereka menjelaskan profil sendiri di depan para wali murid. “Anak-anak membuat life mapping mereka sendiri, dan membuat atau mencari video yang mendukung dan memotivasi impian mereka di masa depan,” ujar Bapak Arsep Syahputra, koordinator tim wali kelas level 6. (Tim Media BC)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks